Beberapa Camilan Ringan Khas Kalimantan Selatan yang Terbuat Dari Tepung Beras

ASLIDOMINO – Kalimantan Selatan merupakan provinsi yang memiliki banyak sungai di dalamnya. Salah satu kotanya, Banjarmasin bahkan memiliki julukan sebagai “kota seribu sungai”. Uniknya, salah satu sungai (Sungai Barito) ini dimanfaatkan menjadi pasar terapung, yaitu pasar di mana proses jual beli dilakukan di atas perahu-perahu.

Di pasar terapung, kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan adalah jajanan pasarnya, alias dessert atau disebut juga wadai oleh masyarakat setempat. Mulai dari wadai manis dengan buah-buahan hingga bubur, semuanya wajib banget kamu coba.

Bubur baayak

Wadai khas Kalimantan Selatan selanjutnya yang berbahan dasar tepung beras adalah bubur baayak. Ini adalah bubur yang terbuat dari adonan tepung beras dan air kapur sirih. Dinamakan bubur baayak karena proses pembuatannya yang diayak atau disaring (seperti cendol) dengan nyiur jarang, yaitu tampah untuk mengayak adonan.

Untuk membuat kuah santan bubur baayak dibutuhkan gula merah dan pasir, pandan, santan, serta sedikit garam. Kelima bahan ini kemudian dimasak bersamaan dengan adonan bubur. Saat kuah santan mengental dan bubur mulai muncul ke permukaan tandanya bubur baayak siap disajikan.

Kue putri selat

Kue putri selat adalah salah satu kue berbahan dasar tepung beras dari Banjarmasin. Tidak hanya populer di Kalimantan Selatan, wadai ini juga terkenal di Kalimantan Timur hingga pulau Sumatra.

Bagi kebanyakan orang, membuat kue putri selat memerlukan kesabaran ekstra. Karena proses mengukusnya dilakukan tiga kali sesuai warna pada kue ini. Lapisan warna putih adalah adonan tepung beras dan santan, sedangkan warna hijau diambil dari pandan dan warna cokelat diambil dari gula merah.

Amparan tatak

Amparan tatak adalah salah satu wadai tradisional khas Kalimantan Selatan. Dinamai amparan tatak karena secara harfiah berarti dihampar lalu ditatak atau dipotong dalam Bahasa Banjar.

Berbahan utama tepung beras, santan, dan pisang barangan atau pisang medan, amparan tatak memiliki perpaduan rasa gurih dan manis. Karena adonannya dikukus, wadai ini tidak akan mudah hancur saat dipotong. Wadai ini pun cocok jadi menu sarapan maupun menu ngeteh di sore hari, bakalan mempermanis harimu, deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *