Beberapa Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah yang Melegenda

ASLIDOMINO – Jawa Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia yang gak hanya terkenal dengan kebudayaan serta pariwisatanya namun juga ragam kuliner yang dimiliki. Salah satu yang paling ikonik adalah Jawa Tengah adalah aneka jajanan tradisionalnya.

Jajan ini masih ada dan eksis kok. Hanya saja seiring berkembangnya zaman, jajanan tradisional ini perlahan ditinggalkan para peminatnya. Padahal beberapa jajanan berikut termasuk jajanan tradisional yang tersohor dan melegenda, lho.

Kue Mendut

Ada dua versi kue mendut yang dapat dijumpai di pasaran. Versi pertama berbentuk persegi panjang dan dibungkus dengan daun pisang layaknya nagasari dan versi kedua berbentuk bulat kecil mirip klepon, berwarna-warni, dan disiram dengan kuah santan.

Keduanya sama-sama kue mendut, kok. Bahan dan isiannya pun sama hanya saja cara penyajiannya berbeda. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan untuk kulitnya dan isiannya berupa parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah.

Klepon

Jajanan tradisonal yang satu ini masih ada dan eksis. Hanya saja belakangan ini jadi punya sedikit peminat. Untuk itu sekarang sudah hadir aneka modifikasi klepon. Mulai yang mengganti isiannya, warna kulitnya, sampai ada juga lho yang mengganti taburan kelapa menjadi parutan keju agar lebih kekinian.

Meski berlawanan dengan varian klepon original setidaknya usaha ini perlu diapresiasi supaya orang lebih menyukai jajanan tradisional yang satu ini. Klepon sendiri juga terbuat dari tepung ketan yang di dalamnya diberi gula merah cair dan agar semakin menarik diberi taburan kelapa parut. Gula merah cair ini akan lumer begitu kamu mengunyahnya di dalam mulut.

Wajik

Mungkin saja di daerah lain jajanan tradisional yang satu ini punya nama lain atau bahkan mungkin berbahan dasar lain tapi bernama wajik. Tapi, di Jawa Tengah sendiri yang dinamakan wajik adalah makanan tradisonal yang terbuat dari campuran beras ketan, santan serta gula. Sehingga menghasilkan adonan yang solid namun sedikit lengket.

Umumnya wajik berwarna cokelat. Namun pada perkembangannya, jajanan tradisional yang semakin dilupakan ini hadir dalam aneka warna seperti merah muda ataupun hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *