Beberapa Kuliner Khas Barito yang Enak dan Menggiurkan

ASLIDOMINO – Barito Kuala merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan dengan pusat pemerintahan ada di Marabahan. Kabupaten yang luasnya mencapai 2.996 kilometer persegi ini tak hanya populer dengan destinasi wisatanya yang memukau, tapi juga ragam kuliner khas bercita rasa lezat yang sangat menggugah selera.

Amparan tatak

Amparan tatak merupakan salah satu kue basah yang bahan-bahannya berasal dari tepung beras, santan, telur, gula pasir, vanili, garam, irisan pisang, dan daun pandan. Kue ini berwarna putih dan memiliki cita rasa manis dengan aroma harum yang khas. Tak heran jika amparan tatak populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Pepare

Pepare merupakan salah satu kue tradisional dengan bentuk unik menyerupai sayur pare, berwarna hijau, dan teksturnya bergelombang. Kue ini terbuat dari tepung ketan putih, santan, garam, gula merah, pasta pandan, dan kelapa parut. Pepare memiliki cita rasa gurih dan manis legit dari isian gula merah di dalamnya.

Iwak pakasam

Iwak pakasam yang juga diberi nama iwak basamu ini bahan dasarnya bisa berasal dari ikan sepat, ikan tawar, ikan peluru, ikan seluang, ikan sepat, ikan pepuyu, ikan puyau, atau ikan gabus. Ikan yang sudah dipilih tadi akan dilumuri dengan garam dan beras yang sebelumnya telah ditumbuk kasar.

Selanjutnya ikan dimasukkan ke dalam wadah tertutup lalu diamkan selama beberapa waktu, bisa dalam hitungan bulan hingga tahun sesuai selera. Sebab semakin lama disimpan cita rasanya akan semakin asin dan lezat. Sebelum disantap, iwak pakasam harus dimasak terlebih dahulu dengan tidak lupa menambahkan bawang goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *