Etika Batuk dan Bersin yang Benar Untuk Mencegah Penularan Covid

ASLIDOMINO – Pandemi COVID-19 membuat hidup kita berubah dari berbagai aspek. Kita tak lagi bisa berinteraksi langsung dengan bebas seperti dulu, melindungi diri dan orang sekitar dengan menerapkan protokol kesehatan, dan kita kembali diajarkan untuk menjaga kebersihan demi mencegah penularan penyakit. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah batuk dan bersin. Kalau dulunya dua gejala tersebut dianggap biasa, tetapi sekarang bisa bikin diri dan orang sekitar khawatir. Selain itu, mengingat COVID-19 menular lewat droplet, maka etika batuk dan bersin perlu benar-benar dipahami.

BACA JUGA :

  1. Beberapa Manfaat Break Dalam Menjalin Sebuah Hubungan
  2. Kota-kota Memukau di Rumania yang Wajib Banget Dikunjungi
  3. Unik! Beberapa Hewan Ini Memiliki Kemampuan Sulit Mati

Tutup dengan Tisu

Jika kamu batuk atau bersin, sudah jadi bagian dari tata krama umum untuk menutup hidung dan mulut. Meskipun sendirian, droplet SARS-CoV-2 dapat beredar di udara dan menempel di permukaan benda untuk waktu yang lama. Jadi, selalu sedia tisu untuk menutupi hidung dan mulut saat bersin. Bukan disimpan, segera buang tisu tersebut ke tempatnya. Jangan buang sembarangan, alih-alih dipakai orang dan malah menyebarkan COVID-19 tanpa sadar. Bila tidak ada tisu, gunakan siku bagian dalam. Jangan menutup mulut dan hidung dengan telapak tangan.

Cuci Tangan

Setelah menutup batuk atau bersin dengan siku atau tisu, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan untuk menghilangkan kuman penyakit. Kamu juga harus mencuci tangan setelah memegang benda atau permukaan yang disentuh banyak orang. CDC menyatakan, cara paling tepat untuk mencuci tangan adalah dengan sabun dan air mengalir. Ikuti gerakan mencuci tangan yang disarankan hingga menyeluruh selama 20 detik. Bila tidak ada akses cuci tangan, gunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60-95 persen.

Jaga Jarak

Nah, tidak kalah penting juga, nih! Saat batuk atau bersin, kamu juga disarankan untuk memalingkan wajah dari orang lain. Selain sopan, hal ini memperkecil kemungkinan transmisi virus SARS-CoV-2 yang berukuran mikro dari cipratan droplet. Selain itu, dilansir Cleveland Clinic, jaga jarak aman saat sedang batuk maupun bersin, karena droplet bisa menyebar sejauh 1-2 meter. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *