Fakta Unik Satai Buntel Kuliner Khas Solo yang Nikmat dan Lezat

ASLIDOMINO – Kota Surakarta atau Solo banyak memiliki makanan khas yang ngangenin. Cita rasa manis gurih sudah melekat di kuliner khas Solo. Tentunya, jika berkunjung ke Solo, wajib untuk melakukan wisata kuliner di Solo, karena kuliner di Solo dijamin maknyus.

Salah satu kuliner khas Solo yang unik dan bisa menggoyang lidah adalah satai buntel. Satai buntel ini dasarnya adalah satai kambing tapi dengan bentuk dan cita rasa berbeda, ukuran satai buntel pun lebih besar daripada satai pada umumnya.

BACA JUGA :

  1. Rekomendasi Wisata Spot Diving Terbaik di Italia Bak Surga Bawah Laut
  2. Rekomendasi Taman Nasional di Islandia dengan Panorama Bak Negeri Dongeng
  3. Rekomendasi Jus Enak dan Mudah Untuk Membakar Lemak Tubuh

Ukuran

Biasanya bentuk satai kambing berupa potongan daging yang ditusukkan ke tusuk satai, namun satai buntel memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Satai buntel terbuat dari daging kambing cincang lalu dibungkus dengan lemak kambing dan ditusukkan ke tusuk satai.

Ukuran satai buntel pun lebih besar dibandingkan dengan satai pada umumnya. Karena ukurannya yang besar, tusuk satai biasanya akan dilepas ketika satai akan disantap.

Lemak kambing

Salah satu keunikan dari satai buntel adalah daging sapi cincangnya dibungkus dengan lembaran lemak kambing. Lembaran lemak kambing akan dililitkan ke satai sebelum satai dibakar.

Lemak kambing ini berfungsi untuk menjaga sari daging kambing tetap terjaga dan mencegah daging kambing kering ketika dibakar. Selain itu, hadirnya lemak kambing membuat rasa satai makin gurih dan memberikan sensasi juicy karena lemak kambing yang meleleh saat dibakar berpadu dengan saripati daging kambing. Mantap!

Bumbu rempah

Cita rasa satai buntel ini selain gurih dari dagingnya juga kaya akan rempah-rempah dari bumbunya. Satai buntel terbuat dari daging cincang yang kemudian dicampur dengan kecap manis, santan, asam jawa, dan bumbu halus. Bumbu halusnya ini lah yang kaya akan rempah. Bumbu halus dari satai buntel terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, jintan dan garam.

Setelah itu adonan daging tersebut dikepalkan membentuk buntelan ke tusuk satai, lalu buntelan daging tersebut dilapisi dengan lemak kambing. Sebelum dibakar, satai dioles dulu dengan bumbu oles yang terdiri dari kecap manis, minyak, dan merica. Setelah satai dan bakaran siap, satai pun dibakar hingga matang. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *