Jangan Khawatir! Ini Daftar Jamur yang Aman Untuk Dikonsumsi

ASLIDOMINO – Coba sebutkan, jenis jamur apa saja yang kamu kenal? Kamu mungkin akan menyebutkan jamur tiram, jamur kuping, jamur merang, jamur kancing, dan lain sebagainya. Ada banyak jamur yang aman dikonsumsi manusia, tetapi tidak familiar atau kurang dikenal. Sebagian bentuknya pun terlihat unik.

BACA JUGA :

  1. Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui yang Membuat ASI Lancar
  2. Hidangan Berbahan Dasar Mentimun yang Bisa Dijadikan Menu Sehat
  3. Makanan dan Cemilan Sehat Untuk Diet yang Nyaris Nol Kalori

Jamur Maitake

Jamur ini memiliki beberapa julukan, salah satunya adalah dancing mushroom alias jamur menari. Konon, orang-orang menari dengan gembira ketika menemukannya di alam liar.  Jamur maitake memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa. Di dalamnya kaya akan antioksidan, serat, vitamin B dan C, kalium, beta-glukan, serta masih banyak lagi. Secara alami, jamur maitake tumbuh liar di bawah pohon mapleoak, dan elm di Jepang, Tiongkok, hingga Amerika Utara. Kamu bisa memasaknya dengan pasta, menjadikannya salad, hingga mengolahnya dengan ramen atau soba.

Jamur Chanterelle

Sebagai salah satu jamur terpopuler di dunia, sepintas chanterelle mirip seperti jamur tiram. Warnanya kuning atau oranye dengan aroma yang mirip seperti aprikot. Jamur ini biasanya tumbuh di pohon oakmaplebirch, dan poplar. Namun, tak jarang juga tumbuh di sekitar pinus putih, mengutip dari GroCycle. Jangan tertipu dengan aromanya yang mirip buah persik atau aprikot. Sebab, rasanya agak seperti lada hitam yang pedas. Teksturnya cenderung kenyal dengan kadar air yang tinggi.

Jamur Porcini

Dan yang terakhir adalah jamur porcini yang dihargai dalam masakan Prancis dan Italia. Jamur ini dijual dalam kondisi segar atau kering dan dibudidayakan di Eropa, Amerika Utara, dan sebagian wilayah Asia. Jamur porcini segar bisa ditumis, dijadikan lauk, atau ditambahkan ke risotto dan pasta. Sementara, jamur porcini kering digunakan pada kaldu atau masakan berkuah untuk menambah citarasa. Uniknya, jamur porcini tidak boleh direndam dalam air. Cukup gunakan handuk kertas yang kering untuk menyeka kotoran atau tanah. Paparan air berlebih bisa membuat jamur membusuk sebelum dimasak. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *