Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui yang Membuat ASI Lancar

ASLIDOMINO – Air susu ibu (ASI) sangat penting bagi bayi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) merekomendasikan agar bayi mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama kehidupannya. Sayangnya, tidak semua ibu bisa menghasilkan ASI yang cukup. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari stres, hormon, pengaruh alat kontrasepsi, obat-obatan tertentu, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :

  1. Hidangan Berbahan Dasar Mentimun yang Bisa Dijadikan Menu Sehat
  2. Makanan dan Cemilan Sehat Untuk Diet yang Nyaris Nol Kalori
  3. Beberapa Rekomendasi Curug yang Dekat dari Jakarta

Oat

Oat sudah lama dipercaya sebagai galactogogues. Ini adalah zat yang digunakan untuk meningkatkan produksi air susu karena kondisi klinis manusia tidak mampu menghasilkan ASI yang cukup. Oat baik untuk relaksasi dan meningkatkan produksi oksitosin, yakni hormon yang bertanggung jawab dalam produksi susu. Menurut Alicia C. Simpson, konsultan laktasi bersertifikat dewan internasional yang berbasis di Atlanta, Amerika Serikat (AS), oat memiliki konsentrasi beta-glukan yang lebih tinggi daripada makanan lainnya.

Kacang Almond

Banyak ibu menyusui yang memilih mengonsumsi almond, baik dalam bentuk mentah, sudah dipanggang, atau dijadikan susu. Sama seperti oatalmond dianggap sebagai galactogogues yang bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Lebih lanjut, perempuan yang mengalami masalah laktasi yang buruk sering disarankan untuk mengonsumsi almond untuk merangsang produksi ASI secara alami. Memang, harga kacang atau susu almond cenderung mahal, tetapi sebanding dengan hasilnya!

Bawang Putih

Percaya atau tidak, nyatanya bawang putih bisa merangsang produksi dan meningkatkan suplai ASI. Bahkan, ibu-ibu di Turki sengaja menggunakan bawang putih untuk meningkatkan rasa dan kualitas ASI mereka. Di sisi lain, konsumsi bawang putih bisa menyebabkan masalah gastrointestinal, napas tak sedap, dan bau badan. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *