Tips Membersihkan Hidung Bayi yang Tersumbat dengan Aman

ASLIDOMINO – Hidung tersumbat rasanya sangat menyiksa. Bagi orang dewasa, kondisi ini bisa dengan mudah diatasi dengan mengeluarkan lendir atau ingus. Tetapi, bayi belum bisa melakukannya sendiri. Akibatnya, mereka akan menangis, rewel, dan mengalami kesulitan bernapas. Apalagi saluran hidungnya berukuran kecil sehingga mudah sekali tersumbat.

BACA JUGA :

  1. Berbagai Jenis Penyimpangan Seksual yang Jarang Diketahui
  2. Beberapa Faktor Eksternal yang Biasanya Memicu Masalah Kulit
  3. Sejuta Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Semprotan atau Tetesan Hidung

Semprotan hidung atau nasal spray bekerja dengan cara mengurangi lendir. Cara ini akan membantu membersihkan sumbatan akibat kotoran hidung sementara waktu. Dokter anak biasanya merekomendasikan tetes hidung berbahan saline. Dengan tetes hidung ini orangtua bisa mengontrol sendiri jumlah yang diberikan dan kekuatan dorongan saat diteteskan ke dalam hidung bayi. Untuk menggunakan tetesan hidung ini, Mama harus membaringkan bayi. Miringkan sedikit kepalanya dan topang dengan tangan atau bantal di bawah leher. Teteskan 1-2 tetes saline ke dalam setiap lubang hidung. Tunggu beberapa menit, lalu balikkan tubuh bayi. Kemudian ingus akan mengalir dengan sendirinya.

Spuit atau Bulb Syringe

Spuit atau bulb syringe terbuat dari karet yang dibuat khusus untuk membersihkan hidung bayi.

Aspirator Hidung Elektrik

Mirip dengan spuit, aspirator hidung bekerja dengan mengisap ingus dari hidung bayi mama. Bedanya, aspirator hidung elektrik menyedot ingus secara otomatis, tanpa perlu tekanan dari pompa. Aspirator elektrik ini memiliki tabung dengan corong. Cara penggunaannya sama dengan spuit. Pastikan sedotan aspirator elektrik tidak terlalu kencang karena dapat menyebabkan radang pada hidung bayi. Teteskan sedikit larutan saline untuk mencairkan ingus agar lebih mudah disedot oleh alat. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *